Tips Sehat Saat Puasa di Bulan Ramadhan

NgaGAYA.ID – Tips sehat saat puasa memang menjadi perhatian penting bagi setiap umat muslim. Sebab selama kita berpuasa tubuh tidak mendapat asupan nutrisi satu hari penuh.

Ibadah puasa memang merupakan salah satu amalan wajib. Ibadah tersebut semua umat muslim jalankan selama satu bulan penuh di satu tahun.

Karena itulah selama kita mampu, wajib menjalankannya dan menggantinya jika terdapat kendala. Misalnya haid untuk para wanita, ataupun orang sakit.

Orang yang sakit memang tidak wajib hukumnya untuk ikut berpuasa. Akan tetapi jika sudah sembuh di kemudian hari harus menggantinya di bulan biasa.

Tentu saja semua orang tidak menginginkan tubuhnya terkena penyakit jenis apapun itu. Akan tetapi tak jarang di kala puasa tubuh menjadi lemas tak bertenaga dan rentan terkena penyakit.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang anda wajib menjaga kesehatan agar tidak tertular virus. Untuk itulah anda bisa mengikuti beberapa tips berikut agar bisa selalu sehat saat menjalankan ibadah puasa.

Beberapa tips sehat saat puasa

Puasa tak menjadikan anda lemah sehingga tidak bisa melakukan apapun. Sebab salah satu tujuan ibadah ini agar juga merasakan saudara kita yang kerap merasakan kelaparan karena tidak mampu membeli makanan.

Meskipun demikian mereka masih bisa beraktivitas seperti biasa dan giat mencari nafkah. Anda bisa mencontoh mereka di bulan Ramadhan ini.

Selain itu untuk menjaga kesehatan tubuh, anda bisa mengikuti tips sehat saat puasa berikut ini. Kemudian terapkan di kehidupan sehari-hari dan rasakan sendiri manfaatnya.

Mengonsumsi Menu Makanan Sama Tips Sehat Saat Puasa

Kala berpuasa, seseorang hanya merubah jam mereka untuk makan ataupun minum saja. Karena itu buatlah menu makanan baik saat sahur maupun berbuka sama seperti hari biasa.

Jangan anda buat susah dengan menu berbeda sebab sama saja dengan merepotkan diri sendiri. Kecuali terdapat anggota keluarga khususnya anak kecil yang perlu diberikan semangat dalam berpuasa.

Anda bisa saja berkreasi sesekali. Namun jangan terlalu sering atau malah setiap hari. Yang perlu anda perhatikan adalah gizi tersaji di dalamnya.

Jika semua gizi terpenuhi maka anda sekeluarga bisa tetap bertenaga dalam menjalankan ibadah puasa. Gizi tersebut antara lain protein hewani, nabati, sayuran, karbohidrat dan pastinya adalah buah buahan.

Kemudian aturlah porsi makanan sesuai dengan kebutuhan dan seperti biasanya. Saat puasa memang terkadang kita menginginkan sesuatu dalam jumlah banyak.

Akan tetapi ini merupakan lapar mata saja dan sebaiknya tidak selalu harus anda penuhi. Atau dengan kata lain saat berbuka puasa tiba keinginan tersebut akan menguap dengan sendirinya.

Saat buka puasa tiba, terkadang perut terasa kenyang dan tidak menginginkan makan sedikit pun. Apalagi menu berbuka antara lain lontong maupun gorengan sudah membuat perut terasa penuh.

Faktanya inilah yang bisa memicu penyakit dalam tubuh. Sebab kondisi badan masih dengan perut kosong tanpa terisi gizi yang tepat. Untuk itulah sedikit tips sehat saat puasa paksakan diri anda untuk mengkonsumsi nasi beserta lauk pauk dan sayur mayur bahkan buah.

Memperhatikan Asupan Panganan

Sebagai tips sehat saat puasa lainnya adalah lebih memperhatikan asupan panganan yang masuk ke dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsinya saat sahur juga di kala berbuka puasa.

Karena itulah asupan panganan itu penting. Sebaiknya pilih yang mengandung karbohidrat cukup kompleks. Bisa berupa nasi merah, roti gandum maupun nasi merah.

Konsumsi beberapa sumber karbohidrat tersebut di saat sahur. Sebab bahan-bahan makanan tersebut mampu mencerna energi dalam tubuh secara lambat. Sehingga energi yang keluar dari tubuh tidak serta merta habis kala puasa.

Tak hanya soal makanan anda juga perlu memperhatikan asupan minuman yang masuk. Pastinya selain energi tubuh kita juga kekurangan nutrisi berupa cairan. Kondisi yang dikhawatirkan terjadi adalah dehidrasi baik saat menjalankan ibadah puasa.

Karena itu tips sehat saat puasa lainnya adalah dengan rutin menjaga asupan cairan. Karena tidak bisa minum saat siang hari, anda bisa mengakalinya dengan minum 8 gelas di waktu berbuka hingga sahur lagi.

Dengan meminum cara ini cairan tubuh dapat berganti setelah seharian terasa hilang. Namun perhatikan juga frekuensinya jangan terlalu berlebihan. Sebab cairan berlebih juga membawa efek negatif untuk tubuh.

Bukan air putih saja, anda bisa mendapatkan nutrisi dalam bentuk cairan lain. Misalnya saja susu ataupun suplemen yang sudah terbukti aman.

Susu bisa menjadi sumber energi lainnya untuk tubuh. Bahkan ibu menyusui maupun hamil sangat dianjurkan untuk meminum susu di saat sahur bagi mereka yang ingin berpuasa.

Salah satu tips sehat saat puasa ini memang penting untuk anda lakukan. Memang tergolong sederhana tapi banyak orang yang menyepelekan dan baru terasa kala tubuh terasa tidak fit. Untuk itulah memang tindakan mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Asupan makanan penting untuk mengisi kembali energi dalam tubuh setelah berbuka puasa tiba. Dan juga berguna sebagai sumber tenaga di kala anda santap sahur.

Ketahui Zat Dalam Makanan

Tak hanya mengetahui akan makanan maupun minuman yang masuk masih ada lagi tips sehat saat puasa. Anda juga perlu mengetahui apa-apa saja yang sebaiknya jangan dikonsumsi sebagai menu berbuka maupun saat sahur tiba.

Pertama adalah jangan mengonsumsi makanan berlemak apalagi cepat saji. Sebab di dalamnya terdapat banyak kandungan lemak juga berminyak. Hal inilah bisa memicu datangnya berbagai penyakit apalagi jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak bahkan berkelanjutan.

Makanan satu ini juga berpengaruh pada kesehatan kulit wajah. Karena dapat menimbulkan jerawat dan juga kulit berminyak.

Sebaiknya Anda juga mengurangi makanan dengan rasa asin atau kadarnya cukup tinggi. Misalnya saja seperti ikan asin maupun makanan dalam kaleng misalnya sarden ataupun kornet.

Sebab makanan tersebut bisa membuat anda merasakan haus daripada mengonsumsi lainnya. Kemudian kurangi juga mengonsumsi makanan dengan kandungan kafein tinggi.

Misalnya berupa teh, kopi dan lainnya di kala sahur. Kandungan kafein di dalamnya biss menstimulasi jenis cairan yang ada di tubuh. Sehingga cairan tersebut akan keluar melalui air seni tanpa memberikan nutrisi lebih.

Umat Islam memang wajib untuk sahur terlebih dahulu sebelum menjalankan ibadah puasa. Hal ini merupakan anjuran dari nabi. Selain itu makan sahur juga termasuk ke dalam tips sehat saat puasa.

Sahur berguna untuk memenuhi semua kebutuhan energi di kala puasa. Juga sebagai pengatur kadar gula darah dalam tubuh untuk siapa saja yang melakukan ibadah puasa.

Tak lupa anda juga harus selalu melakukan olahraga ringan baik di pagi hari maupun sore hari. Olahraga tersebut bisa sederhana saja seperti peregangan ringan ataupun yoga. Dengan begitu tubuh tetap fit dan terhindar dari berbagai penyakit.

Beberapa tips sehat saat puasa ini bisa langsung anda terapkan sekarang juga. Maka anda akan senantiasa merasa sehat dan bugar walaupun tidak makan dan minum dari waktu sahur hingga berbuka.

Must Read

Related Articles