Tips Puasa Saat Menyusui, Beribadah Tetap Lancar

NgaGAYA.ID – Tips puasa saat menyusui terkadang tak banyak ibu mengetahuinya. Sebab mereka khawatir tidak bisa memenuhi gizi yang cukup untuk bayi.

Sebagai ibu hamil maupun menyusui memang tidak harus berpuasa jika memang terdapat kendala. Misalnya saja jika sang ibu justru menjadi lemas dan membahayakan kesehatannya. Atau misalnya saja air susu ibu menjadi tidak keluar dan cukup untuk memenuhi gizi bayi.

Karena itulah jika seseorang mengalami hal seperti ini diperbolehkan tidak puasa. Kemudian mereka bisa membayarnya di kemudian hari selain bulan puasa.

Akan tetapi bagi sebagian besar ibu merasa mampu menunaikan ibadah puasa ini. Tentu boleh-boleh saja asalkan tidak berpengaruh pada kesehatan dirinya maupun sang bayi.

Untuk itulah bagi anda yang masih ingin puasa namun dalam keadaan menyusui bisa mencari cara tersendiri. Atau dengan tips puasa saat menyusui berikut ini agar ibadah tetap berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti.

Perlunya Tips Puasa Saat Menyusui

Di kala menunaikan ibadah puasa, sang ibu menyusui tak jarang mengalami kondisi tubuh dehidrasi. Hal ini lantaran harus memberi nutrisi secara eksklusif kepada sang bayi dengan air susu ibu.

Akan tetapi selama puasa tubuh tidak mendapatkan nutrisi secara penuh. Karena itulah kondisi ini sangat mungkin terjadi kepada ibu menyusui.

Selain itu terdapat kondisi di mana air susu ibu tidak deras saat keluar. Hal inilah membuat bayi tidak mendapatkan nutrisi penuh dari sumbernya. Bahkan tak jarang air susu ibu tak keluar sama sekali karena di dalam tubuhnya belum mendapatkan asupan makanan setelah sahur.

Permasalahan inilah yang membuat sebagian besar ibu menyusui bimbang kala menjalankan puasa. Untuk itulah  konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan berpuasa.

Dengan demikian dokter akan menganjurkan apakah ibu bisa berpuasa atau tidak. Sebab kondisi sang ibu maupun bayi setiap orang berbeda-beda.

Jika dokter sudah memperbolehkan ibu menjalankan puasa dengan berbagai pertimbangan, ikutilah beberapa tips puasa saat menyusui berikut. Dengan begitu anda bisa menjalankan ibadah secara benar dan nutrisi bayi tetap terjaga.

Cara Tubuh Ibu Menyusui Tetap Fit Saat Berpuasa

Ada banyak sekali tips puasa saat menyusui yang bisa anda ikuti petunjuknya. Caranya pun tidak sulit dan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan untuk anda maupun bayi jika melakukannya secara benar dan sesuai anjuran.

Tetap Menjaga Pola Makan

Ibu menyusui sangat dianjurkan menjaga pola makan mereka di kala menjalankan ibadah puasa. Karena itulah untuk ibu menyusui tetap harus makan sebanyak tiga kali dalam satu hari.

Waktu makan tersebut bisa anda atur dari waktu berbuka puasa hingga sahur tiba. Hal tersebut lantaran ibu menyusui membutuhkan nutrisi yang cukup untuk air susunya berkualitas dan berjalan lancar.

Selain itu dalam makanan tersebut juga harus memenuhi komposisi nutrisi seimbang. Misalnya saja 20% kandungan lemak , 50% untuk karbohidrat dan 30% gizi protein.

Jika anda kesulitan mengukur frekuensi gizi tersebut tidak perlu khawatir. Selama asupan makanan anda cukup dengan nutrisi dan sayur, ikan maupun telur dan menu bergizi lainnya itu sudah lebih dari cukup.

Dengan menjaga pola makan seperti ini, ibu menyusui tidak perlu khawatir akan merasa lemas maupun air susu tidak keluar.

Mengonsumsi Cairan Dalam Jumlah Banyak

Ibadah puasa memang kerap membuat tubuh kita dehidrasi karena kekurangan cairan. Tak hanya ibu menyusui, orang biasa pun kerap mengalaminya.

Permasalahan tersebut bisa anda atasi dengan melakukan pola minum dengan benar. Sebagai contoh minum air putih sebanyak 2 liter setelah berbuka puasa hingga waktu sahur tiba.

Sang ibu bisa menerapkan pola anjuran 2-4-2. Berupa 2 gelas di saat berbuka, empat gelas air di malam hari, serta dua gelas lagi di waktu sahur. Tak hanya air putih, untuk menkao stamina bisa mengonsumsi teh hangat, jus buah ataupun susu.

Minum susi di saat sahur bisa membantu anda terhindar dari anemia di kala menyusui. Dengan mengikuti tips puasa saat menyusui berikut ini anda  bisa memenuhi kebutuhan ASI bayi. Selain itu, ibu juga tidak akan merasa lemas di kala menjalankan ibadah puasa.

Nutrisi Tambahan Agar Ibu Tetap Sehat

Bukan hanya berupa minuman dan makanan pokok, tips puasa saat menyusui lainnya dengan mengonsumsi nutrisi tambahan. Tentunya makanan maupun minuman air putih saja belum bisa mencukupi kebutuhan gizi sang ibu.

Mengonsumsi Suplemen Vitamin

Meminum secara teratur suplemen bisa menjadi tips puasa saat menyusui lainnya. Namun anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Dengan begitu dokter akan memberikan kepada ibu resep yang tepat akan suplemen atupun vitamin. Tak hanya itu, ada waktu-waktu tertentu yang bisa menjadi saat lebih baik dalam meminum tambahan nutrisi ini.

Ibu bisa saja mencari jenis suplemen maupun vitamin di internet. Akan tetapi konsultasi dengan dokter lah merupakan jawaban tepat. Tak hanya itu anda juga wajib mempertimbangkan efek samping obat jika mengkonsumsi secara sembarangan.

Susu Untuk Tambahan Nutrisi

Tak hanya dalam bentuk suplemen, anda juga bisa mendapatkan tambahan nutrisi dengan mengkonsumsi susu. Bahkan susu ini juga bisa menjadi tenaga tambahan untuk ibu menyusui di saat berpuasa.

Berkat susu inilah ASI sang ibu bisa keluar lebih deras dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sang bayi. Untuk pemilihan susu lebih baik anda juga berkonsultasi dengan dokter.

Sebab merek susu yang tersedia di pasaran belum tentu baik untuk ibu menyusui. Juga hal ini bisa mempengaruhi kualitas air susu ibu.

Menjaga Kondisi Tubuh Ibu Menyusui Selama Puasa

Kondisi tubuh yang prima juga menjadi faktor utama ibu bisa kuat menjalankan ibadah puasa. Karena itulah menjaga kondisi tubuh menjadi tips puasa saat menyusui selanjutnya. Ada banyak cara yang bisa ands praktekkan langsung dengan mudah.

Istirahat yang Cukup

Penting untuk ibu menyusui menjaga kualitas tidur mereka di saat puasa. Pastinya mereka akan rept untuk mengurus bayi, rumah dan juga panganan di kala sahur dan berbuka.

Apalagi ibu menyusui ini juga harus bangun pagi di waktu sahur untuk mempersiapkan makanan bagi anggota keluarga lainnya. Karena itu anda harus pintar-pintar membagi waktu untuk mengurus keluarga dan juga beristirahat.

Manfaatkanlah siang hari di kala puasa untuk tidur siang. Hal ini juga bisa mengganti waktu istirahat terpotong untuk bangun sahur ataupun mengurus bayi.

Menghindari Rasa Stres

Stres bisa menjadi salah satu pemicu air susu ibu tidak lancar bahkan tak keluar sama sekali. Karena itulah ibu menyusui harus mengindarkan kondisi di mana pikiran mereka penuh akan hal-hal yang membuatnya tertekan.

Caranya adalah dengan menghibur diri melalui aktivitas kesukaan maupun berkumpul bersama teman terdekat. Dengan begitu air susu menjadi lancar keluar dan puasa tetap berjalan lancar.

Banyaknya tips puasa saat menyusui tersebut bisa menjadi solusi untuk ibu yang ingin beribadah. Namun pastikan dengan kondisi tubuh sendiri dan janganlah memaksakan diri anda.

Must Read

Related Articles