Tips Hemat Uang Saku untuk Mahasiswa

0
73
Tips Hemat Uang Saku untuk Mahasiswa

NgaGAYA.id,- Salah satu kendala menjadi mahasiswa yang hidup dari keluarga pas-pasan adalah uang saku yang minim. Ditambah lagi kebutuhan lain yang tidak terduga biasanya lebih besar dari jatah pengeluaran mingguan. Untuk itu, NgaGAYA.id kali ini akan memberikan tips hemat uang saku bagi mahasiswa.

Untuk menghemat bukan berarti harus tidak makan seharian atau mengurangi berapa kali makan dalam sehari, tapi mencoba menghemat pengeluaran dengan cara mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang mendesak dan penting. Simak tips berikut supaya kamu bisa menghemat pengeluaran uang saku.

Cara Hemat Uang untuk Mahasiswa

  1. Hemat uang pengeluaran untuk Makan

Kebutuhan makan memang membuat uang saku cepat habis, namun ada hal yang dapat membuat uang makan tetap tersimpan dan keluar tidak terlalu banyak. Caranya cukup sederhana, yakni membawa beras dari rumah sendiri dan jika tidak sempat memasak lauk kamu bisa membeli lauk untuk perharinya.

Membeli lauk pun harus berhemat dan jangan terlalu boros. Maksudnya, ketika membeli lauk usahakan beli satu atau dua jenis lauk yang cukup nutrisi dan tidak terlalu mahal. Misalnya sayur pare dengan tumis kacang.

  1. Hemat uang pengeluaran Bensin

Jika kamu mahasiswa yang menggunakan motor untuk pergi kampus dan pengeluaran bensin cenderung banyak, kamu bisa mencoba berjalan kaki untuk pergi ke kampus. Hal ini dapat mengurangi penggunaan motor yang nantinya pengeluaran bensin menjadi lebih sedikit.

Namun, apabila letak kampus dengan kos-kosan terasa jauh untuk dijangkau dengan jalan kaki, mungkin sesekali bolehlah menggunakan sepeda motor.

  1. Kurangi Keinginan untuk membeli pakaian

Mahasiswa memang tidak mau ketinggalan kalau masalah style, mereka ingin selalu tampil modis dengan mengenakan pakaian model baru. Bagi kamu mahasiswa yang ingin berhemat mulailah mengurung keinginan untuk membeli pakaian atau barang barang yang sudah dimiliki.

Misalnya saja tas atau pakaian dengan model baru, kalau kamu masih memiliki tas atau pakaian dengan fungsi yang sama kenapa tidak dipakai ?  Hal ini mungkin sulit untuk mahasiswa gengsian, tapi untuk yang mau berhemat cobalah melakukan tips ini.

  1. Sisihkan uang untuk kebutuhan tak terduga

Sering kita mendapati kebutuhan yang tak terduga sebelumnya. Akibatnya, uang yang sudah dibagi untuk kebutuhan terencana menjadi berkurang dan malah bisa kurang untuk memenuhi kebutuhan yang sudah direncanakan tersebut.

Solusinya adalah kamu bisa menyisihkan sebagian uang untuk kebutuhan tak terduga, jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa kamu gunakan, pun jika tidak bisa menjadi tabungan. (BACA: Tips Hemat Uang)

Demikian tips hemat uang dari NgaGAYA.id, mudah-mudahan kamu bisa mengaplikasikannya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here