Tips Cantik Saat Puasa Setiap Hari di Bulan Suci

NgaGAYA.ID – Tips cantik saat puasa berikut ini memang perlu anda ikuti. Sebab saat puasa terkadang muncul masalah pada kulit wajah. Hal ini karena tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman bergizi dalam waktu cukup lama.

Puasa memang salah satu kegiatan yang banyak orang percaya bisa bermanfaat untuk kesehatan anda. Kendati demikian dengan berkurangnya asupan makanan saat siang hari membuat tubuh menjadi tidak bertenaga.

Hal inilah yang bisa jadi menyebabkan segelintir orang kurang bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah merawat wajah mereka.

 Apalagi tak jarang waktu seseorang menjadi tersita lantaran menyiapkan santapan sahur dan berbuka yang terkadang membuat kerepotan. Sehingga tidak lagi terpikirkan untuk membersihkan wajah secara maksimal seperti hari biasa.

Namun anda tidak perlu menyalahkan ibadah puasa tersebut. Sebab anda masih bisa tampil cantik dan menawan lewat tips berikut ini.

Masalah Wajah Hingga Perlu Tips Cantik Saat Puasa

Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya mengapa perlu tips cantik saat puasa? Perlu anda ketahui terkadang ada beberapa orang mengalami masalah pada wajah mereka saat puasa. Apa saja permasalahan tersebut? Bisa anda simak di bawah ini.

Masalah Kulit Kering

Permasalahan yang kerap muncul saat anda berpuasa adalah kulit wajah menjadi kering. Penyebabnya adalah kurangnya tubuh akan asupan air.

Saat puasa, anda tidak minum maupun makan apapun dalam waktu lama. Hal inilah yang membuat tubuh kekurangan cairan dan berpengaruh pada kulit wajah anda.

Permasalahan Jerawat

Jerawat bisa menjadi masalah berikutnya yang muncul saat berpuasa. Hal tersebut terjadi karena kulit wajah kekurangan nutrisi karena tidak makan maupun minum selama seharian.

Terlebih jam bangun sahur membuat kurangnya waktu tidur. Inilah menjadi pemicu jerawat di wajah anda. Apalagi kebanyakan menu berbuka adalah gorengan yang terdapat minyak dan menyebabkan timbul jerawat.

Mata Terlihat Sembab

Saat anda bangun sahur, membuat waktu tidur menjadi berkurang. Apalagi setelah itu biasanya berlanjut dengan ibadah lainnya sampai waktu subuh.

Jika seseorang tidak biasa melakukannya bisa membuat tampilan mata sembab. Selain itu membuat wajah terlihat layu karena kurangnya istirahat.

Kulit Wajah Tampak Kusam

Makanan yang anda konsumsi untuk berbuka tidak jauh dari minyak ataupun manis bisa membuat kulit wajah menjadi kusam. Apalagi jika mengkonsumsinya setiap hari secara rutin setelah berbuka puasa.

Rambut Menjadi Rontok

Karena kekurangan cairan saat puasa, membuat tubuh mengalami dehidrasi. Hal inilah memicu rambut menjadi lemah hingga rentan rontok.

Terlebih berkurangnya cairan tubuh untuk aktivitas sehari-hari membuat tubuh menjadi lemas. Apalagi saat puasa anda tidak minum dalam waktu lama.

Beberapa Tips Mengatasi Masalah Wajah Saat Puasa

Banyaknya masalah yang timbul saat puasa sebenarnya bisa anda atasi dengan mudah. Puasa tak menjadi penghalang untuk kulit wajah tetap tampil sehat dan cantik.

Lewat tips cantik saat puasa di bawah ini bisa anda ikuti dan lakukan secara rutin. Dengan demikian wajah akan tetap bagus terhindar dari semua masalah meskipun tetap puasa.

Tetap Menjaga Asupan Cairan Dalam Tubuh

Cara pertama dalam tips cantik saat puasa adalah dengan menjaga asupan cairan di tubuh. Bukan Cuma tubuh saja yang terhidrasi, kulit anda juga membutuhkan asupan cairan di kala berupa. Terlebih puasa yang berlangsung selama 12 jam lebih membuat anda harus menahan rasa lapar dan dahaga.

Supaya wajah anda tetap terlihat cerah dan sehat, usahakan kebutuhan akan cairan tersebut selalu cukup. Karena tidak bisa saat siang hari, usahakan tercukupi dari waktu buka puasa tiba sampai sahur kembali.

Anda bisa memakai rumus 2-4-2 untuk minum. Yaitu 2 gelas kala berbuka, sebanyak 4 gelas air putih di malam hari juga 2 gelas penuh di waktu sahur.

Hindarkan untuk anda mengkonsumsi minuman berkarbonasi. Juga hindari minuman manis apalagi alkohol seperti jus maupun soda. Jangan pula mengkonsumsi minuman dengan kandungan kafein sebab malah menimbulkan dehidrasi.

Jikalau anda merasa bosan dengan sekedar air putih saja bisa membuat variasi. Misalnya campurkan dengan beberapa potong buah segar atau dengan membuat infused water.

Trik Cantik di Kala Puasa Dengan Makanan

Tak hanya dengan meminum air putih saja, anda bisa mempraktekkan tips cantik saat puasa dengan memperhatikan asupan makanan. Anda juga perlu memperhatikan makanan yang menjadi konsumsi untuk menu sahur atupun berbuka.

Mengkonsumsi Makanan Mengandung Serat

Langkah berikutnya agar kulit wajah anda tetap cantik saat puasa adalah mengkonsumsi makanan dengan banyak kandungan serat. Jika anda ingin tips cantik saat puasa, hendaknya konsumsi makanan kaya serat dan juga antioksidan.

Makanan tersebut biasanya berupa buah-buahan tertentu. Misalnya saja kacang almond, buah delima, sayur-sayuran, buah beri dan sebagainya.

Pastikan saat berbuka banyak konsumsi buah segar yang memenuhi kebutuhan vitamin pada kulit anda. Pilihlah jenis buah yang berisi banyak kandungan air. Sebab bisa memberikan nutrisi lebih untuk kulit, buah dengan kandungan air banyak juga bisa memberikan cairan yang tubuh butuhkan selama puasa.

Buah tersebut bisa berupa stroberi, semangka ataupun tomat. Dengan menjaga asupan buah, anda bisa menjaga kulit tetap cantik di kala ibadah puasa.

Mengurangi Makanan Berminyak

Seperti yang anda ketahui, makanan berminyak bisa memicu timbulnya masalah wajah. Seperti jerawat, minyak wajah hingga kulit kusam. Karena itulah tips cantik saat puasa adalah mengurangi konsumsi makanan seperti ini.

Memang jajanan saat berbuka puasa umumnya adalah gorengan gurih yang mudah ditemukan di pinggir jalan. Anda bisa mengatasi dengan menyajikan rebusan untuk menu berbuka puasa.

Selain itu kurangi juga makanan cepat saji yang bagi sebagian orang akan praktis untuk berbuka. Di dalamnya banyak mengandung minyak dan juga lemak sehingga berpengaruh untuk kesehatan kulit wajah.

Tetap Merawat Kulit Wajah

Berikutnya dalam tips cantik saat puasa adalah tetap rajin merawat kulit wajah Anda. Ada banyak hal yang kerap terlupa lantaran tubuh sudah terasa lemas dan tak bertenaga.

Mencuci Muka Secara Teratur

Meskipun tubuh terasa lemas dan lelah karena puasa, anda tetap harus menjaga kebersihan kulit wajah dengan mencuci muka secara teratur. Sebab ini termasuk ke dalam tips cantik saat puasa.

Setelah melakukan aktivitas seharian dan sebelum tidur anda bisa mencuci wajah dan memastikan tidur dalam keadaan bersih. Pilihlah sabun muka dengan bahan ringan dan bebas dari kandungan alkohol.

Sesuaikan dengan tipe kulit wajah dan pilihlah kandungan sabun sesuai. Dengan begitu wajah anda bebas dari kotoran tersumbat yang bisa memicu jerawat ataupun minyak hingga kusam.

Mengaplikasikan Pelembab dan Tabir Surya.

Meskipun anda tidak minum dan menyebabkan kulit menjadi dehidrasi, terdapat cara untuk mengatasinya. Anda bisa memberikan nutrisi dari luar berupa pelembab yang menghidrasi kulit wajah.

Sebab itulah pemakaian pelembab masuk ke dalam tips cantik saat puasa. Tak lupa untuk memakai tabir surya supaya wajah terlindungi dari efek buruk sinar matahari.

Banyaknya tips cantik saat puasa tersebut bisa membantu anda mengatasi semua permasalahan wajah. Karena itulah puasa tak menjadi halangan seseorang tampil cantik sepanjang waktu.

Must Read

Related Articles