Recruit Holdings; Traveloka Akuisisi PegiPegi

0
65
Traveloka Akuisisi PegiPegi

NgaGAYA.id,- Dunia bisnis bidang jasa pemesanan tiket perjalanan memang semakin berkembang. Perusahaan terkemuka dan sudah banyak penggunanya adalah Traveloka. Namun, ada berita menarik dimana kabarnya Traveloka akuisisi PegiPegi.

Pernyataan dari Recruit Holdings, perusahaan asal Jepang ini menyatakan, bahwa Jet Tech Innovation Ventures yang terafiliasi dengan Traveloka merupakan pemilik PegiPegi. Seperti dilansir dari berita harian bisnis, Jet Tech Innovation mengambil alih saham atas 3 anak perusahaan Recruit Holdings pada awal tahun 2018 dengan nilai 66,8 juta dollar amerika.

3 anak perusahaan tersebut adalah Travel Book Philippines Inc. yang berbasis di negara Filipina. Kedua, PT Go Online Destinations atau PegiPegi yang berbasis di Indonesia serta yang ketiga adalah MyTour Vietnam Company yang berbasis di Vietnam.

Jika dilihat dari saham yang sudah dibeli oleh Jet Tech Innovation yang terafiliasi oleh Traveloka ini, maka kepemilikan atas PegiPegi sudah terakuisisi. Namun, Dirhum Traveloka menyatakan bahwa Traveloka tidak bisa memberikan konfirmasi atas akuisisi PegiPegi oleh Traveloka.

Traveloka Akuisisi PegiPegi

Sedangkan Jet Tech Innovation Ventures merupakan perusahaan yang terdaftar di Singapura dan direktur perusahaan itu adalah Hendrik Susanto yang juga merupakan Chief Strategy and Investment Officer Traveloka. Namun, Dirhum Traveloka menolak memberikan persetujuan atas afiliasi antara Jet Tech Innovation dengan Traveloka.

Jika dilihat keterkaitan antara kedua perusahaan yakni Jet Tech Innovation dan Traveloka bisa memberikan gambaran tentang hubungan kedua perusahaan yang merupakan afiliasi. Namun pihak traveloka menolaknya dan memilih tidak mengkonfirmasi.

Sebelum Jet Tech Innovation membeli saham, Traveloka sebenarnya membutuhkan dana sebesar 400juta dollar untuk mengembangkan bisnisnya tersebut. Perusahaan dari Indonesia ini, sudah hadir di beberapa negara Asia Tenggara yakni seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura dan Filiphina.

Recruit Holdings mengaku bahwa mereka menjual sahamnya sebab akan berfokus pada pengembangan platform Glassdoor. Platform ini nantinya akan menjadi sebuah pasar tenaga kerja yang berbasis internet. Kita dukung saja tujuan perusahaan ini.

Disisi lain, Recuit Holdings juga menyatakan bahwa nilai penjualan PegiPegi pada tahun 2016 telah mencapai Rp. 424,64 miliar dengan keuntungan bersih sebesar Rp. 2,3 miliar. Dibanding pada tahun sebelumnya nilai penjualan PegiPegi hanya sebesar Rp. 185,09 miliar namun mereka mendapatkan laba bersih sebesar Rp. 37,89 miliar. Tentu pada tahun 2016 keuntungannya merosot tajam, namun nilai penjualannya lebih tinggi. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here