Peristiwa Memilukan Akibat Teknologi GPS Error

0
89
Peristiwa Memilukan Akibat Teknologi GPS Error

NgaGAYA.id,- Teknologi merupakan buatan atau ciptaan manusia. Sehingga tidak selamanya berjalan baik. Kadang-kadang mengalami masalah atau error. Seperti teknologi GPS yang banyak digunakan orang-orang di seluruh dunia yang hobi bepergian untuk mencari alamat dan menuju tempat yang dituju yang masih teramat asing.

Teknologi GPS yang kepanjangannya adalah Global Positioning System merupakan aplikasi yang paling banyak dan sering dipakai orang terutama bagi orang yang sedang bepergian dan tengah mencari alamat. Dengan alat ini banyak manusia terbantu mencari tempat yang ditujunya secara cepat, efektifdan efisien jarak dan waktu walaupun ia tak mengenal daerah tersebut.

Teknologi GPS disebut juga Google Maps merupakan teknologi baru favorit para traveller dalam rangka mencari jalan atau lokasi yang dituju di kawasan yang sobat asing atau tidak mengenalnya sama sekali. Namun disamping kemudahan yang diberikan GPS tersimpan kekurangannya. Alat GPS ini yang buatan manusia tidak selamanya akurat. Suatu waktu ia bisa mengalami kerusakan. Seperti yang terjadi pada beberapa penggunanya yang mengakibatkan peristiwa tragis dan memilukan.

Beberapa Peristiwa Memilukan Akibat GPS Error

Berikut ini daftar peristiwa memilukan akibat teknologi GPS error, antara lain:

Tersesat sejauh 1500 km

Bukannya memberikan jalur dan arah yang tepat, sebuah GPS justeru menjauhkannya dari tempat yang dituju. Yang membuat seorang penggunanya tersesat sejauh 1500 kilometer. Hal ini dialami oleh perempuan bernama lengkap Sabine Moreau yang berusia 67 tahun berasal dari negara Belgia. Kejadiannya seperti berikut ini : Suatu hari, Sabine Moreau hendak menuju Brussels dengan jarak  61 kilometer.

Dengan tenang, ia menggunakan teknologi GPS dan mengikuti arah yang diberikan GPS. Namun bukannya mendekati tempat yang dituju. Justeru ia menjauhi tempat yang dituju hingga tersesat sejauh 1500 kilometer dan berada di ibukota Kroasia, Zagreb. Sang anak tercintanya yang menunggu kedatangan ibunda yang tak kunjung datang kemudian melaporkan kepada pihak kepolisian atas hilang ibunya. Setelah dicari jbunya dapat ditemukan dalam keadaan tersesat sejauh 1500 km.

Jarak semakin jauh

Kejadian ini dialami penulis ketika hendak menuju kecamatan Congeang sebuah daerah yang belum penulis kenal. Penulis bertanya langsung kepada sanak kerabat mengenai jalur cepat untuk menuju daerah Congeang Sumedang. Sanak kerabat memberikan petunjuk arah. Kemudian untuk lebih meyakinkan diri, penulis menggunakan GPS maka tampaklah jalur menuju sana. Akan tetapi, jalur menuju daerah Congeang menurut GPS berlainan dengan jalur yang ditunjukkan oleh sanak kerabat.

Maka penulis pun mengikuti petunjuk arah yang diberikan Google Maps atau GPS. Dan ternyata jalur yang ditempuh sangat jauh. Namun setelah mengikuti petunjuk yang diberikan sanak kerabat ternyata jaraknya pendek. Dari hal ini kita bisa mengambil pelajaran bahwa kita hendaknya bijak menggunakan teknologi GPS. Mengingat teknologi ini bisa saja mengalami masalah atau error seperti dialami penulis dan orang-orang malang lainnya.

Tersesat ke tempat yang namanya sama namun berlainan

Kejadian ini terjadi pada tahun 2009. Dimana ada dua orang berkewarganegaraan Swedia yang hendak berangkat menuju negara Italia dalam rangka rekreasi di obyek wisata kepulauan Capri. Namun setelah mengikuti petunjuk teknologi GPS dengan menginput kata Capri di Google Maps, justeru mereka diarahkan ke kota Capri yang lain dengan jarak 640 km dari kepulauan Capri yang dituju.

Demikianlah beberapa peristiwa memilukan akibat GPS error atau bermasalah. Ada banyak kejadian tragis lainnya di dunia ini yang sangat menyedihkan disebabkan Global Positioning Systems mengalami masalah. Seperti seseorang tercebur dan tenggelam ke danau, laut dan jembatan akibat penggunaan GPS. Bahkan ada yang lebih tragis lagi dimana seorang pengendara mobil tersesat di kampung gangster hingga terbunuh.  Sekali lagi bijaklah dalam penggunaan GPS kalau anda tidak mau bernasib buruk! ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here