Olahraga Ini Cocok untuk Menjaga Kesehatan Tulang

0
75
Olahraga Ini Cocok untuk Menjaga Kesehatan Tulang

NgaGAYA.id,- Tulang merupakan bagian penyusun utama tubuh yang dapat tumbuh dan berkembang layaknya organ lain. Namun, ketika seseorang mencapai umur 30 tahun, tulang akan semakin kehilangan masanya dan beresiko terjadi osteoporosis. Salah satunya penyebabnya diduga kuat akibat kurang olahraga.

Gangguan tulang seperti osteoporosis juga bisa menyerang seseorang sebelum umur 30 tahun. Hal itu tergantung dari asupan nutrisi serta jenis kelamin, dimana wanita lebih beresiko tinggi terkena osteoporosis dibanding laki-laki. Meski begitu, masih ada cara yang dapat digunakan untuk memperlambat penurunan masa tulang.

Olahraga yang dapat menjaga kesehatan tulang untuk remaja sampai dewasa

Berikut adalah beberapa olahraga yang bisa meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang. Tentu saja untuk mendapatkan manfaatnya, lakukan olahraga berikut secara rutin dan jangan lupa memerhatikan asupan gizi yang baik untuk tulang.

Jogging

Olahraga pertama yang paling mudah dan murah adalah jogging atau lari-lari kecil. Anda dapat melakukan jogging setiap pagi dengan menyusuri komplek perumahan. Lakukan jogging minimal 3 kali dalam seminggu. Jika pagi hari adalah waktu yang sangat mepet, Anda bisa mengganti jogging di sore hari.

Sebelum jogging, Anda bisa meminum minuman isotonik dan pastikan perut Anda jangan sampai kosong. Kondisi kekosongan pada perut akan membuat pusing ketika Anda jogging. Apabila Anda terlalu kenyang, tidak disarankan untuk melakukan jogging. Namun, jogginglah setelah 2 jam berselang dari makan berat.

Lompat tali

Lompat tali juga bisa menjadi olahraga yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Ketika melakukan lompat tali, tulang pada kaki akan mendapatkan rangsangan untuk tumbuh dan melatih kekuatan. Selain suplemen untuk memenuhi gizi pada tulang, lompat tali secara rutin dapat memperlambat pengapuran pada tulang sehingga resiko osteoporosis semakin kecil.

Panjat tebing

Jika Anda menyukai jenis olahraga ekstrim dan memacu adrenalin, panjat tebing bisa menjadi pilihan untuk membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Tentu saja standar keamanan harus diperhatikan supaya dalam panjat tebing tetap aman.

Jika prosedur keamanan panjat tebing tidak diperhatikan, bisa saja olaharaga ini bukannya bermanfaat untuk melatih kekuatan tulang malah akan membuat cedera pada tubuh. Untuk itu, jika Anda baru pertama mencoba panjat tebing, mintalah mentor yang sudah berpengalaman dalam oalahraga ini.

Senam Aerobik

Olahraga ini mungkin menjadi favorit bagi ibu ibu rumah tangga. Selain membuat tubuh bergerak dan berkeringat, alunan irama musik menjadi hal yang menyegarkan untuk pikiran serta menghilangkan stress. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here