Memulai Bisnis Kuliner Secara Online

0
156
Memulai Bisnis Kuliner Secara Online

NgaGAYA.id,- Saat ini kita sedang berada pada situasi disrupsi, yakni situasi ketidakpastian. Soalnya, seseorang dapat memiliki penghasilan tanpa harus memiliki latarbelakang pendidikan. Hal ini tentu saja akibat dari kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Memulai Bisnis Kuliner Secara Online.

Tidak jarang, banyak orang yang sukses berbisnis tanpa memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Saat ini, berbisnis bukan tentang siapa yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi, tetapi tentang siapa yang mau berusaha mencari informasi dan memanfaatkan teknologi.

Kali ini, NgaGAYA.id akan memberikan cara untuk memulai bisnis kuliner secara online dengan memanfaatkan media sosial.

Langkah-langkah Memulai Bisnis Kuliner Secara Online

Buat Ide Kuliner Unik

Konsumen saat ini lebih menyukai kuliner unik dan jarang ada yang menjualnya. Selain rasa yang enak, kuliner yang memiliki tampilan menarik lebih disukai dan diminati. Buatlah sebuah inovasi makanan yang jarang dijual oleh orang lain. Misalnya, pudding berbentuk ikan koi atau berbentuk macam-macam bunga. Contoh tersebut bisa kamu jalankan untuk bisnis perdana.

Sebenarnya, puding rasanya sama saja seperti yang lain. Hanya karena memiliki inovasi pada segi bentuk yang unik, membuat peluang bisnis ini cukup menjanjikan dan banyak peminatnya. Kamu bisa mencoba memikirkan ide lain dalam bisnis kuliner yang masih jarang dijual oleh orang lain. Disinilah kreatifitas kamu dibutuhkan.

Mempelajari Kuliner yang Dibuat sampai Mahir

Setelah mendapatkan ide unik tentang bisnis kuliner apa yang akan dijalankan, saatnya mempelajari dan membuat ide tersebut menjadi nyata. Langkah kedua ini, mungkin proses yang cukup sulit dan membutuhkan kerja keras serta fokus.

Untuk mempelajari sebuah kuliner baru yang unik dan dapat diminati oleh orang, kamu memerlukan mentor maupun orang yang cukup ahli di bidang kuliner. Kamu bisa meminta bantuan kepada orang lain yang lebih ahli atau belajar secara otodidak dengan menerapkan trial and error.

Setelah berhasil membuat kuliner yang merupakan ide bisnis kamu, saatnya mengasah kemampuan sampai mahir serta memberikan sampel kepada orang lain yang bukan sanak keluarga agar penilaian mereka objektif. Usahakan untuk mencatat saran mereka dan apa saja yang masih kurang pada hasil makanan yang dibuat.

Promosi Gratis Melalui Media Sosial

Jika kuliner yang unik telah berhasil dibuat dan disukai oleh banyak orang, saatnya mempromosikan kuliner ke media sosial seperti IG, Facebook dan lain sebagainya. Tawarkan kepada sanak saudara melalui pesan singkat tentang bisnis kuliner kamu.

Manfaatkan peluang ini melalui promosi gratis dengan menggunakan media sosial. Ketika promosi, berikan foto yang bagus dan menarik serta informasi lengkap seperti harga dan cara memesan.

Sebuah promosi tanpa disertai dengan informasi harga, justru membuat konsumen malas untuk menyimak lebih lanjut. Jadi, usahakan untuk memberi informasi selengkap mungkin ketika melakukan promosi ya! ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here