Melirik Peluang Bisnis Sembako yang Menggiurkan

0
112
Melirik Peluang Bisnis Sembako yang Menggiurkan

NgaGAYA.id,- Setiap orang pasti memerlukan kebutuhan sembako seperti beras, gula, minyak dan bahan makanan lainnya. Hal ini menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendirikan bisnis sembako.

Bisnis toko sembako bukan merupakan bisnis musiman, tetapi akan terus dibutuhkan oleh masyarakat. Meski penjualannya cenderung stagnan, setidaknya ada keuntungan setiap bulannya. Anda dapat memulai bisnis toko sembako dengan membukanya di rumah. Setelah berkembang, barulah Anda bisa membuka toko sendiri.

Peluang Bisnis Sembako

Pada kali ini saya akan memberikan penjelasan sedikit mengenai peluang usaha bisnis sembako ini. Berikut adalah ulasan singkatnya.

Konsumen Toko yang selalu ada

Jika di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda belum ada yang menjual sembako, Anda bisa memulainya di rumah sendiri. Tawarkan kepada tetangga, saudara maupun keluarga. Target konsumen bisnis sembako ini terbilang mencakup keseluruhan usia dan kalangan.

Apabila lingkungan Anda cukup padat dan dekat dengan universitas, Anda dapat membuka toko sembako dengan traget ibu rumah tangga, mahasiswa maupun masyarakat sekitar. Jika ingin memperluar target konsumen, Anda bisa sambil menjual beraneka ragam snack atau makanan ringan.

Awal permulaan yang tidak sulit

Banyak orang yang berfikir bahwa ketika akan menjalankan sebuah bisnis, pasti terdapat banyak hal yang perlu dipersiapkan. Padahal untuk membuka sebuah bisnis sembako di rumah, Anda hanya perlu melakukan langkah berikut.

  • Siapkan tempat yang cukup kosong untuk dijadikan tempat berjualan. Area kosong seperti teras dan garasi yang sudah tidak terpakai bisa dijadikan tempat untuk berjualan.
  • Manfaatkan semua peralatan dirumah, seperti plastik, gunting, kalkulator, etalase dan lain sebagainya.
  • Menyediakan barang barang kebutuhan pokok yang paling sering dicari dan dibeli oleh semua kalangan. Misalnya beras, gula, minyak goreng, garam, telur, susu, teh, kopi dan bahan makanan lainnya.
  • Carilah suplier yang memberikan harga grosi murah supaya Anda dapat menjual dengan harga yang kompetitif.
  • Letakkan etalase dan peralatan toko serapi mungkin serta memudahkan ketika berjualan.
  • Selalu memerhatikan stok barang yang hampir habis, supaya stok selalu tersedia.
  • Jika ada toko lain dengan bisnis sama, lakukan survei harga yang dijual oleh pebisnis lain.

Modal yang cukup besar

Mungkin ini menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang ingin memulai bisnis sembako. Sebab, modal yang dibutuhkan cukup besar. Modal ini digunakan untuk membeli persediaan barang seperti beras dan gula yang membutuhkan modal cukup besar. Tapi, bagi yang serius dengan bisnis ini, maka kesuksesan adalah milik Anda. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here