Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

0
73
Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

NgaGAYA.id,- Mata adalah organ vital manusia yang sangat besar manfaatnya. Tanpa mata, manusia bahkan makhluk hidup lain seperti hewan tidak akan bisa melihat dunia. Untuk itulah pentingnya menjaga kesehatan mata.

Beberapa pekerjaan saat ini masih menuntut kita untuk bekerja seharian di depan komputer. Ini merupakan hal yang buruk bagi kesehatan mata kita. Setelah pekerjaan yang menuntut kita bekerja di depan komputer sepanjang hari, ditambah dengan kebiasaan kita yang tak ingin lepas dari smartphone menambah resiko kerusakan mata.

Kebiasaan Sehari-hari untuk Menjaga Kesehatan Mata

Jika pekerjaan-pekerjaan yang menuntut kita di depan komputer sepanjang hari tidak bisa dihindarkan, alangkah baiknya kita melakukan kebiasaan-kebiasaan yang membuat mata menjadi lebih sehat. Nah, berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menjaga mata selalu sehat.

Gunakan Kacamata Anti Radiasi saat Bekerja di Depan Komputer

Kacamata radiasi merupakan salah satu rancangan kacamatan kesehatan yang ditujukan untuk mengurangi pancaran radiasi layar komputer kepada mata. Kacamata anti radiasi biasanya menggunakan lensa dengan lapisan anti reflective (AR).

Lensa inilah yang mengurangi silau dengan meminilaisasi jumlah cahaya yang memantul dari depan dan belakang lensa kacamata. Lensa yang menyilaukan merupakan penyebab mata Anda cepat lelah ketika berada didepan komputer.

Jika mata Anda sudah terdapat gejala yang tidak baik seperti mata lelah, mata kering, merah-merah dan penglihatan buram, maka diwajibkan untuk menggunakan kacamata anti radiasi. Tapi sebelum membeli kacamata anti radiasi, usahakan untuk berkonsultasi ke dokter supaya diberikan resep kacamata yang pas dan membuat mata Anda nyaman.

Setelah menemukan kacamata anti radiasi yang cocok, saatnya menjadikan penggunaan kacamata anti radiasi sebagai kebiasaan sehari hari, agar mata selalu terlindungi dan selalu sehat.

Memakan Makanan Kaya Vitamin A

Memakan makanan yang kaya vitamin A juga bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan mata dari dalam. Kandungan vitamin A pada sayuran seperti wortel dapat menjaga mata dari berbagai macam penyakit seperti katarak, glaukoma dan rabun mata.

Jenis makan makanan yang kaya vitamin A sangat beragam, khususnya wortel yang memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi. Jika Anda merasa bosan mengonsumsi wortel setiap hari, cobalah untuk membuat makanan yang bervariasi dari wortel, misalnya di tumis, atau dibuat jenis olahan lainnya.

Jikapun Anda suka jus, wortel juga bisa dijadikan jus sehat. Tentunya untuk menjaga kesehatan mata dari berbagai macam penyakit. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here