Rutin Minum Susu Kental Manis, Ini Efek Buruknya!

0
59
Rutin Minum Susu Kental Manis, Ini Efek Buruknya!

NgaGAYA.id,- Beberapa waktu lalu BPOM menegaskan penggunaan label pada makanan dan minuman. Salah satu produsen Susu Kental Manis (SKM) pun mengubah label mereka menjadi creamer kental manis. Bukan lagi susu kental manis tetapi creamer. Sebab kandungan susu di dalam produk tersebut nyaris tidak ada.

Dilihat dari sisi kesehatan, nutrisi pada SKM jauh dari nutrisi susu sapi asli maupun produk susu lainnya. Karena sebagian besar kandungan di dalam susu kental manis adalah gula. Ingat, mengonsumsi gula berlebih dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh.

Efek Buruk Minum Susu Kental Manis Secara Rutin

Ketua Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI), Siti Zalikho Agustina, SKM yang dikonsumsi secara rutin dapat berefek buruk bagi kesehatan. Khususnya yang dialami oleh anak-anak di Kendari dan Batam. Anak-anak yang rutin mengonsumsi SKM mengalami obesitas.

Hal yang sangat disayangkan adalah anggapan para orang tua di Kendari dan Batam bahwa anak yang gemuk merupakan ciri tubuh sehat dan subur. Padahal kegemukan merupakan kondisi tubuh yang tidak baik bahkan bisa sampai obesitas.

Agustina sebenarnya tidak secara langsung melakukan studi terhadap korban susu kental manis. Tetapi, Agustina dan tim sedang melakukan survei terkait permasalahan gizi buruk yang terjadi di Kendari dan Batam.

Menurut survei YAICI, ada sekitar 56 persen dari 130 ribu ibu di Kendari memberikan SKM kepada anaknya, segelas dalam sehari. Sedangkan di Batam, para ibu yang berjumlah 53 persen dari 75 ribu memberikan segelas susu kental manis dalam sehari kepada anaknya.

Survei ini kemudian mengarah kepada anak-anak yang mengalami kegemukan karena sering dan rutin mengonsumsi SKM setiap hari. Kondisi ini sudah terjadi ketika anak-anak sejak lahir sudah diberikan SKM dan tidak diberikan ASI oleh ibunya. Anggapan bahwa anak yang gemuk adalah ciri tubuh sehat dan subur pun masih mengakar di kedua daerah tersebut.

SKM yang biasa dikonsumsi setiap hari akan menimbulkan kegemukan baik pada anak-anak atau orang dewasa. Akan sangat baik jika tidak mengonsumsi susu kental manis secara rutin dan tidak menggantinya sebagai susu pengganti ASI. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here