Home News Cara Mengajarkan Anak Puasa Ramadhan, 7 Aktivitasnya!

Cara Mengajarkan Anak Puasa Ramadhan, 7 Aktivitasnya!

0
126

Mengajarkan anak untuk berpuasa bisa sejak dini, agar anak kelak memahami seperti apa esensi dari puasa tersebut. Ada beberapa hal yang bisa orang tua lakukan saat akan mengajak anak puasa. Inilah 7 cara mengajarkan anak puasa ramadhan yang mudah.

1. Beri Pengertian Anak Tentang Makna Puasa

Saat anak sudah mulai memahami dan berkomunikasi maka ajak untuk mengerti tentang makna puasa. Dimana saat melaksanakan puasa artinya si anak harus menahan dari apa yang anak inginkan. Tidak hanya menahan tidak makan dan minum saja, tapi menahan diri dari perbuatan buruk.

Bahkan anak juga akan belajar untuk menahan diri tidak jajan, menunggu waktu berbuka. Juga menumbuhkan jiwa empatinya, bahwa banyak orang diluar sana menahan lapar dan haus karena tidak memiliki apa-apa. Disinilah orang tua mengharapkan anaknya bisa jadi anak yang peduli pada sesama.

2. Ajak Anak Belajar Puasa Secara Bertahap

Cara mengajarkan anak puasa ramadhan bisa dengan melakukan puasa secara bertahap. Tidak perlu menuntut anak untuk bisa puasa full satu hari, cobalah untuk melakukannya secara bertahap belajar puasa dengan setengah hari saja. Hal ini juga akan melatih anak untuk bisa bertanggungjawab serta paham akan kewajibannya.

Jadi anak akan belajar secara mandiri, memahami hingga ia akhirnya bisa melaksanakan puasa secara full. Tentunya trik ini akan lebih efektif untuk anak dan anak akan menjalankan puasa dengan hati yang lebih senang. Bahkan si anak akan meminta dengan sendirinya untuk berpuasa satu hari penuh seperti orang tuanya.

3. Sajikan Menu Favorit Saat Sahur

Untuk menarik minat anak saat makan sahur, maka sajikan menu favoritnya agar anak bersemangat. Makan sahur terjadi ketika sebelum subuh, dimana sebenarnya ja, tersebut merupakan jam bukan untuk makan. Maka terkadang akan ada kendala, seperti anak mengantuk atau malas bangun sahur.

Ajak anak secara baik agar anak mau untuk makan sahur dengan hidangan menu favoritnya yang sudah tersedia. Harapannya anak akan bersemangat santap sahur bersama-masa. Beri juga pengertian pentingnya makan sahur sebelum berpuasa, agar anak paham alasannya melaksanakan sahur.

4. Berikan Reward  Camilan Kesukaan Saat Berbuka

Untuk memberikan semangat kepada anak tentang puasanya, orang tua bisa membuat reward untuk anak. Yaitu dengan menghadirkan camilan kesukaan saat berbuka puasa, jadi anak akan semakin bersemangat. Puasa yang anak lakukan dalam tahap belajar ini bisa menumbuhkan diri anak menjadi lebih baik lagi.

Sehingga esok harinya anak akan semangat melaksanakan puasa ramadhan dengan lebih baik lagi. Dengan menghadirkan camilan favorit harapannya memberikan kekuatan tersendiri pada anak dalam melewati masa puasanya. Itulah salah satu cara mengajarkan anak puasa ramadhan yang mudah bagi orang tua.

5. Isi Kegiatan Selama Puasa Secara Menyenangkan

Untuk menghindari anak merasa lemas di siang hari atau tidak bersemangat, maka isilah kegiatan selama puasa. Agar kegiatan tersebut hadir dengan cara yang menyenangkan bagi anak, misalnya saja membuat prakarya. Anak akan sangat senang dan fokus sehingga tidak terasa waktunya sudah berlalu hingga berbuka.

Kegiatan yang anak lakukan selama ramadhan ini juga bisa menumbuhkan nilai keteladanan serta meningkatkan kreativitas anak. jadi anak akan belajar untuk bisa menghasilkan karya dengan cara yang menyenangkan. Bahkan karya tersebut bisa jadi hiasan dinding di rumah agar rumah semakin menarik.

6. Berikan Contoh dan Teladan yang Baik Untuk Anak

Cara mengajarkan anak puasa ramadhan dengan memberikan contoh serta teladan yang baik pada anak. Orang tua merupakan pusat dari segala pembelajaran yang anak lalui, anak akan mencontoh orang tuanya. Oleh karena itu, sebagai orang tua wajib memberikan contoh kebaikan terkait dengan puasa ramadhan ini.

Puasa ramadhan ini merupakan puasa yang penuh hikmah dan bulan penuh ampunan. Anak harus memahami bagaimana puasa ramadhan tersebut bisa berjalan dengan lancar. Maka dari orang tua lah anak akan belajar banyak untuk bisa berpuasa ramadhan.

7. Siapkan Hadiah Lebaran Untuk Anak

Untuk memberikan semangat lebih kepada anak, maka siapkan hadiah lebaran terbaik untuk anak. Dimana reward hadiah tersebut menjadi pemantik anak untuk belajar berpuasa secara lebih baik lagi. Apapun yang anak lakukan selama ramadhan, bagaimana kemampuan anak dalam menghadapi tantangan puasa yang dihadapi inilah yang menjadi sorotan.

Ajak anak untuk bisa melewati hari-hari ramadhan ini dengan penuh suka cita. Berikan semangat dan menantikan hari lebaran yang penuh bahagia. Dengan memberikan reward bahwa jika lancar puasa akan mendapatkan hadiah saat lebaran nanti tiba. Hal ini pasti akan memicu anak untuk bersemangat saat puasa.

Itulah beberapa cara mengajarkan anak puasa ramadhan yang mudah orang tua lakukan. Dengan memilih cara yang tepat serta menyenangkan harapannya anak akan bisa ikut berpartisipasi untuk berpuasa. Juga Melatihnya sejak dini agar mampu melaksanakan puasa ramadhan dengan bahagia.