Biar tak Menyesal, Begini Cara Memilih Jurusan saat Kuliah!

0
154
Biar tak Menyesal, Begini Cara Memilih Jurusan saat Kuliah

NgaGAYA.id,- Ketika Anda memutuskan untuk kuliah, pasti Anda akan dihadapkan pada banyak pilihan jurusan dan program studi. Setiap jurusan memiliki peluang kerja yang berbeda-beda. Ada yang nanti peluangnya besar dan ada pula yang tidak. Biar tak Menyesal, Begini Cara Memilih Jurusan saat Kuliah!

Berbicara mengenai jurusan kuliah, ada tips supaya kamu tidak menyesal. Dan jika kamu tidak ingin merasa keberatan menjalani kuliah, silakan simak tips dibawah ini. Tapi apabila kamu tidak ingin menyesal setelah lulus kuliah, simak tips pada artikel Cara Memulai Bisnis.

Biar tak Menyesal, Begini Cara Memilih Jurusan saat Kuliah!

Sesuaikan Passion atau Minat

Jika tidak ingin kuliah dengan perasaan terpaksa, namun sesuai dengan minat diri sendiri, maka pilihlah jurusan yang diminati. Jurusan yang diminati biasanya adalah pelajaran apa yang paling disukai dan merasa suka mempelajarinya.

Ketika memilih jurusan, hal fatal yang sering dilakukan oleh calon mahasiswa adalah memilih jurusan yang sama seperti teman kelas. Alasannya karena takut nanti awal masuk kuliah tidak memiliki teman.

Bisa saja jurusan yang diambil temanmu adalah jurusan yang sebenarnya tidak kamu sukai. Maka, sebaiknya pilih jurusan sesuai passion saja, toh pasti nanti juga ada teman.

Pilih jurusan dengan Akreditasi A

Setiap jurusan yang ada di suatu universitas tentu memiliki akreditasi yang berbeda-beda. Ketika kamu sudah menentukan jurusan apa yang ingin diambil, saatnya menentukan jurusan kamu berada di universitas mana.

Hal pertama memang yang ditentukan adalah jurusan kemudian baru universitas mana yang memiliki jurusan terakreditasi A.

Kenapa akreditasi A? Karena dengan lulusan dari jurusan akreditasi A lebih diprioritaskan ketika masuk ke dunia kerja.

Bagi sebagian calon mahasiswa, akreditasi ini memengaruhi psikologis dimana jurusan akreditasi A akan membuat tenang mengenai bagaimana nanti ketika lulus. Jadi, kuliah pun tetap semangat dan terus fokus.

Hindari Pilih Jurusan karena Asal-asalan

Banyak dari calon mahasiswa ditanya mengenai kenapa kamu pilih jurusan ini? Tidak bisa menjawab dengan logis. Karena calon mahasiswa ini memilih jurusan karena hanya asal-asalan. Biasanya ikut teman atau sekedar mengisi pilihan ketika mengikuti seleksi ujian masuk.

Hal ini tentu sangat fatal dan berakibat pada ketidakseriusan menjalani kuliah. Banyak dari mahasiswa yang dropout (DO) karena asal-asalan mengisi jurusan. Jadi kamu jangan sampai seperti itu ya! Biar tak Menyesal, Begini Cara Memilih Jurusan saat Kuliah! ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here